Selamat Datang Di Komunitas Pengembang Masyarakat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

OBSERVASI

CACATAN LAPANGAN

Observasi ke                                      : Pertama

Observer                                            : Khairul Anam

Fokus Penelitian                               : Perilaku Pecandu Games Online

Tempat                                               : RT.003/RW.03

Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan.

Waktu/Tanggal/Bulan/Tahun          : 01.31-01.59, 30 Desember 2013

Subjek Penelitian                              : Kelompok

Jenis Kelamin Subjek                       : Laki-Laki

Usia Kelamin Subjek                        : 9-13 tahun

Metode Observasi                              : Terfokus

Derajat Pengamat                             : Pengamat Sebagai Pemeran Serta

Variabel Penelitian                            : Perilaku Agresif Pecandu Games Online

Latar                                                  :ada sebuah bangunan, didepan bangunan terdapat benner berukuran 2x1 bertuliskan KACONG NET. melayani Browsing, Chatting, Game Online, Ps, Print, Soft Drink, Install Computer, Burning, Cetak Foto, dan bertuliskan 24 jam. Pada paling bawah benner ada gambar facebook, twiter, frifox, dan kaset CD. terdiri dari 2 jendela 2 pintu, berlantaikan keramik warna putih, dan ruangannya di cat biru muda. ruangan dibagi menjadi dua bagian, satu tempat rental komputer satu untuk rental PS 2 di jaga oleh satu orang. terdapat 2 buah televisi, dan 2 PS, dan 4 buah stick, 8 tempat  rental; 8 Komputer , 8 CPU, 8 Keybord, 8 Mouse, dan 4 head shet, ada 1 sapu, 1 tempat sampah, 1 Skrup sampah, 2 adaptor di tumpuk, 1 adaptor merek toyosaki (stabilizer) yang menyala, 3 kipas angin, dan 4 lampu penerang. Setiap tempat rental komputer diberikan tulisan “UNTUK PERSONAL DIWAJIBKAN BAGI CLIENT AGAR MEMBERIKAN DEPOSIT SEBESAR RP.5000,- ATAS PERHATIAN DAN PENGERTIANNYA KAMI UCAPKAN TERIMAKASIH”.

 

Dekskripsi Lapangan                       : saya melihat sebuah bangunan yang didepannya ada benner bertuliskan KACONG NET. Melayani; Browsing, Chatting, Game Online, Ps, Print, Soft Drink, Install Computer, Burning, Cetak Foto, dan bertuliskan 24 jam yang terdiri dari dua buah pintu dan dua buah jendela. Setelah saya masuk ke dalam ruangan atau bangunan KACONG NET saya melihat delapan tempat rental komputer yang disewakan, dan dua buah rental PS 2.  Ruangan KACONG NET berlantai keramik putih yang dindingnya di cat biru muda. Selain itu, ada dua buah televisi, dua PS, dan empat buah stick. delapan tempat  rental komputer; yang terdiri dari delapan Komputer , delapan CPU, delapan Keybord, delapan Mouse, dan empat head shet, ada satu sapu, satu tempat sampah, satu Skrup sampah, dua adaptor di tumpuk, satu adaptor merek toyosaki (stabilizer) yang menyala, tiga kipas angin, dan empat lampu penerang. Setiap tempat rental komputer diberikan tulisan “UNTUK PERSONAL DIWAJIBKAN BAGI CLIENT AGAR MEMBERIKAN DEPOSIT SEBESAR RP.5000,- ATAS PERHATIAN DAN PENGERTIANNYA KAMI UCAPKAN TERIMAKASIH”.

Pada saat saya melakukan observasi di rental komputer dan PS2 KACONG NET, saya melihat ada tiga anak menyewa komputer tepatnya di nomer enam.  setalah saya tanya satu-satu, mereka bernama; (1) Tegar (laki-laki) berusia 10 tahun sekolah di SD Cempaka Putih, (2) Arif (laki-laki) berusia 9 tahun sekolah di SD Cempaka Putih, (3) Amar (laki-laki) SMP Islamiyah Ciputat. ketika saya datang, mereka bertiga sedang asyik bermain dengan komputer, setelah saya menghampiri dan melihat secara langsung, mereka bertiga bermain game online “Arogan City Facebook 

Setelah saya pindah dari tempat bermain mereka, tepatnya di sebelah mereka yakni di nomer tujuh saya mendengarkan percakapan tegar dengan temannya;

Tegar: eh, kebakar (sambil menekan keybord dengan sembarangan)

Temannya: anjing..

Tegar: lah…

Temannya: kebalik bodoh

Tegar: susah diarahin itu…

Temannya: apa an tuh gar?

Tegar: awuk..

 

Interpretasi                                        : dari beberapa temuan di atas dapat observer analisis dari tindakan yang dilakukan tegar dan temannya menurut hemat observer bahwa yang mereka lakukan adalah merupakan salah satu ciri dari seorang pecandu games online, karena secara tidak langsung dari beberapa perilaku mereka seperti menekan tombol keybord dengan sembangan karena permainnya tebakar akibat serangan musuh, mengatakah kata “lah..” dengan nada menyesal “lah..”, dan tidak mengubris pertanyaan temannya adalah merupakan bahwa dia dan temanya adalah merupakan pecandu berat terhadap games online. Bahkan palinng parahnya lagi mereka mengatakan kata-kata “anjing” ketika kalah yang seharusnya tidak mereka lakukan.

Maka dari itu, kalau kita tafsirkan lebih spesifik lagi, bahwa yang mereka lakukan itu menurut hemat observer adalah merupakan perilaku agresif yang disebabkan karena mereka mendapat rangsangan dari games online yang mereka mainkan tersebut, sehingga secara tidak sadar mereka telah melakukan tindakan yang agresif karena menekan tombol keybord dengan sembangan dan mengatakan kata-kata yang kotor seperti “anjing” dan berprilaku tidak acuh dengan temannya dengan mengutarakan kata “awuk” karena fokus pada permainnya dan takut kalah dengan lawannya seperti pada penggalan percakapan di atas.

Hal inilah, yang menegaskan dari perilku asgresif pecandu games online tersebut, yakni dengan adanya reaksi-reaksi untuk berkata kotor, menekan tombol dengan sembarangan sehingga bunyinya terdengar seperti orang lagi marah karena kalah bermain games online, dan berperilaku tidak acuh atau tidak mengubris pertanyaan temannya ketika ditanya karena fokus pada permainannya dan takut kalah dengan lawannya. 

Kesimpulan                                        : dari uraian sekilas diatas tentang perilaku agresif pecandu games online dapat observer simpulkan bahwa perilaku agresif para pecandu games online disebabkan karena ada rangsangan dari bermain games online karena mereka mengalami kekalahan ketika saat bermain, sehingga secara spontan mereka melakukan perbuatan agresif yang oleh mereka tidak disadari kalau itu, merupakan sebuah perilaku agresif. 

Dari beberapa temuan yang observer dapatkan ketika obeservasi ini dilakukan tentang perilaku agresif pecandu games online secara singkat diantaranya adalah:

1.      Berkata kotor karena kalah bermain games online seperti “anjing”

2.      Sikap tidak acuh dengan dengan temannya karena fokus pada permainan games online karena takut kalah.

3.      Menekan tombol keybord dengan sembangan karena permainannya terbakar oleh serangan lawannya.

Itu lah, perilaku agresif pecandu games online yang terjadi di kacong net RT.003/RW.03 Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan yang observer temukan pada saat observasi ini dilakukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

comdev

comdev
Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 KOMPILASI MAKALAH PMI UIN JAKARTA All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes